INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

1. Berikan contoh penerapan untuk alat bantu pencarian informasi pada komputer! Berikan contoh gambar

a. Full – test string search

b. Formatted field search

Xampp

xampp

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.

c. Controlled – vocabulary index search

DuoLingo

vocab

  • Belajar bahasa Inggris dari bahasa Indonesia. Menyenangkan dan 100% gratis.
  • “Best of the Best” tahun 2013 di Google Play.
  • “Di antara aplikasi untuk belajar atau berlatih bahasa, Duolingo tidak terkalahkan.” —PC Magazine. Memenangkan Pilihan Editor untuk Pembelajaran Bahasa.
  • “Jelas, aplikasi gratis untuk belajar bahasa yang terbaik.” —The Wall Street Journal
  • “Kami juga sudah mencoba metode lain termasuk belajar dari buku dan Rosetta Stone, dan keduanya sulit. Itulah kenapa saya mencoba Duolingo. Dan, percayalah, aplikasi ini membuat kecanduan.” —FluentIn3Months.com

    Duolingo mengubah cara orang belajar bahasa.

  • Gratis, sungguh. Pendidikan setara universitas, tanpa biaya.
  • Menyenangkan. Indikator di pipa progres naik turun hingga kamu menguasai pelajaran. Naik tingkat dengan menyelesaikan pelajaran singkat, dan pantau kemajuanmu dengan menjaga kilau pohon bahasamu.
  • Selalu lebih baik. Kami terus-menerus meneliti seberapa baik kamu belajar lewat Duolingo. Pengalaman belajarmu akan makin baik seiring waktu.
    Jika ingin belajar bahasa Inggris dari bahasa Indonesia dengan cepat, menyenangkan, dan gratis, tidak ada pilihan lain selain Duolingo.

d. Back of the book index and table of contents search

Zotero

zotero

Zotero telah lama dikenal oleh kalangan ilmuwan, karena memiliki tingkat akurasi pencarian yang sangat tinggi. Stabilitas Zotero berbasis web (harus memiliki koneksi internet) perlu dipadupadankan dengan Mozila Firefox sebagai web browsernya. Zotero ketika diinstalasi pada komputer anda akan memiliki kemampuan kerja optimal ketika diplug-in pada browser tersebut. Baru-baru ini, Zotero juga telah meluncurkan aplikasi terbarunya yang disebut Zotero Standalone. Ini merupakan aplikasi yang dapat diinstalasi pada komputer dan digunakan tanpa harus terkoneksi dengan internet. Namun perlu diingat, sumber data sebagian besar masih tersedia online di web, kecuali anda ingin melakukan secara manual pengisian informasi referensi anda.

e. Concordance and key – word in context

Google Keyword Planner

kata kunci

Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk perencanaan kata kunci PPC adalah Google Keyword Planner. Aplikasi ini memungkinkan pengiklan untuk mencari kata kunci baru dan kata kunci untuk iklan. Aplikasi Google ini juga menyediakan statistik untuk setiap kata kunci, termasuk besarnya pencarian dan perkiraan cost per click (biaya rata-rata perklik). Keyword Planner atau Perencanaan Kata Kunci hanyalah tahap awal yang dapat membantu Anda untuk menentukan kata kunci yang tepat, jadi ini bukan satu-satunya aplikasi yang bisa Anda gunakan. Seperti yang dinyatakan Google, Anda bisa menggunakan perencanaan ini sebagai ‘peletakkan dasar menuju pemasaran yang sukses’. Hal ini dapat memberikan arahan dasar dalam organisasi periklanan dan pemilihan kata kunci yang lebih luas, tapi Anda mungkin akan melewatkan beberapa keyterms yang bernilai jika Anda hanya mengandalkan aplikasi ini.

 

 

2. Berikan contoh pencarian fleksibel dan disertai gambar

a. Rainbow Search

b. Search Expansion

FileSeek

fileseek aplikasi pencari kata

Jika ingin mencari kata, teks, kalimat atau kode tanpa harus repot membuka filenya dengan cepat? Terlalu banyak file untuk dicek satu persatu untuk sekedar mencari kata / kalimat tertentu? Inilah jawabannya, Anda bisa memanfaatkan software kecil ini untuk membantu Anda menemukannya. Software ini adalah FileSeek, aplikasi sederhana namun lengkap untuk pencarian suatu kata, frase, atau kalimat bahkan nama file tanpa harus membuka file atau dokumennya.
Misalkan dalam suatu folder ada begitu banyak file MS Word (.doc / .docx) tapi Anda lupa atau bingung di dalam file mana terdapat nomor rekening bank si A (ex. 1234567890). Tidak perlu membuka keseluruhan file tersebut karena hanya akan membuang waktu Anda. Cukup masukan nomer tersebut ke dalam Aplikasi FileSeek, dan aplikasi ini akan dengan segera menampilkan dokumen / yang memiliki nomer tersebut dengan cepat.

c. Sound Search

Sound Search

sound search

Sound Search dapat membantu Anda mengenali musik dan lagu bermain di sekitar Anda. Anda dapat:

  • Mengidentifikasi lagu, langsung dari homescreen Anda
  • Membeli lagu diidentifikasi langsung dari Google Play, dan menambahkannya ke Mainkan pustaka Musik
  • Simpan riwayat identifikasi lagu, disinkronisasikan di semua perangkat Android Anda, sehingga Anda dapat membeli lagu kemudian
  • Tambahkan widget langsung ke lockscreen Anda, sehingga Anda dapat mengenali lagu lebih cepat (untuk perangkat yang menjalankan Android 4.2)
    Setelah menginstal Play widget Google Search Sound, pergi ke pemetik widget dan tarik widget Cari Suara ke homescreen Anda. Klik pada widget untuk mulai mengenali.

d. Picture Search

PicFinder

pict finder

Gambar dan mencari web untuk konten yang relevan sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi alat pencarian foto. ukuran gambar yang berbeda, gambar yang sama, sesuai dengan berbagai macam warna dan Anda dapat menemukan gambar atau foto. Aplikasi ini menggunakan mesin pencarian gambar Google.

Foto dan pencarian gambar berfungsi:

  • Cari filter : Safe Search (***), Gambar Waktu, Ukuran Gambar, Photo Modus, Warna Foto, Gambar Aspect Ratio, Image File Format.
  • View dan foto dan gambar situs download
  • Photo View Mode: Menemukan foto yang mirip, Cari foto dengan ukuran yang berbeda, Situs Gambar browser open,Download Gambar, Situs berbagi Foto link, Gambar Share.

    Pada akhir gambar yang digunakan dalam aplikasi ini, cache dihapus secara otomatis. Aplikasi ini mudah untuk menggunakan Google sebagai mesin pencarian gambar yang membantu Anda mencari alat. Hasil pencarian foto akan bervariasi tergantung pada mesin pencari Google Images. Jika itu mencari dan menemukan aplikasi ini di situs pencarian tidak akan diblokir. Menemukan beberapa gambar yang dilindungi oleh hukum hak cipta.

 

e. Photograph Libraries

Time Stamp Camera

picture library

Time Stamp Camera dapat membantu Anda untuk menambahkan tanggal & waktu & catatan pada Gambar Anda. Anda dapat mengubah warna dan ukuran string tanggal, atau mengubah tanggal / format waktu. Selain itu, Anda dapat menambahkan catatan pada string tanggal, dan Anda dapat mengubah warna catatan.
Anda dapat mengetik where dalam catatan string untuk menampilkan nama. Ketik city untuk menampilkan nama kota. Dan ketik loc untuk menampilkan garis lintang dan bujur. (Perlu untuk mengaktifkan Internet atau GPS untuk mendapatkan informasi lokasi) Anda dapat menarik untuk memindahkan posisi Date / Time / Catatan! Jika Anda menyeret mereka keluar dari layar, Anda dapat menginstal ulang aplikasi ini untuk mengembalikan ke default posisi. Anda juga dapat mengatur kamera fungsi relatif dalam halaman pengaturan, seperti flash turn on / off, self timer, efek khusus, resolusi kamera. Setelah Anda selesai menembak Anda, Anda dapat menyimpannya, atau berbagi ke teman Anda langsung oleh pers ikon saham. Anda juga dapat melihat gambar-gambar yang Anda ambil menggunakan browser Picture nya. Anda juga dapat menyembunyikan tanggal atau informasi waktu dengan menetapkan format untuk tak terlihat. (Top item pilihan format) Dan ketik waktu atau tanggal yang ingin ditampilkan dengan mengklik ikon Catatan. Klik layar, kamera akan fokus otomatis.


Tinggalkan komentar